N E W S F L A S H : permintaan CTC harus membuat Nota permintaan ditujukan kepada Sesditjen HPI | Kertas perjanjian yang tidak terpakai atau salah mencetak harap di kembalikan ke TREATY ROOM | Naskah asli beserta Map perjanjian pada penandatanganan IORA belum dikembalikan ke TREATY ROOM | Manuscripts that are already signed by both Parties are to be returned to Treaty Room along with a Memorandum of delivery and a CTC request

Sambutan

Selamat Datang Sahabat Kemlu

Perjanjian internasional adalah wujud implementasi dari kerjasama antara suatu negara dengan negara mitranya. Di samping itu, perjanjian internasional juga menandakan pentingnya posisi suatu negara dalam peraturan diplomasi di tingkat bilateral, regional dan multilateral.

Sejak kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Indonesia telah menandatangani 5920 perjanjian dan mengimplmentasikan berbagai perjanjian dengan negara dan entitas asing. Berbagai perjanjian tersebut disimpan di rumah yang disebut Treaty Room yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri.

Kini di abad ke-21, kami di Kementerian Luar Negeri terus berupaya meningkatkan akses publik atas berbagai perjanjian di Treaty Room. Melalui pemutakhiran laman web Treaty Room ini, saya dan keluarga besar Kemlu RI berharap para sahabat dapat mengakses dan menemukan dengan mudah berbagai jenis perjanjian antara Indonesia dengan negara-negara mitra.

Terima Kasih dan Happy Browsing!

Retno L.P. Marsudi
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia