N E W S F L A S H : permintaan CTC harus membuat Nota permintaan ditujukan kepada Sesditjen HPI | Kertas perjanjian yang tidak terpakai atau salah mencetak harap di kembalikan ke TREATY ROOM | Manuscripts that are already signed by both Parties are to be returned to Treaty Room along with a Memorandum of delivery and a CTC request

Sambutan

Selamat Datang Sahabat Kemlu

Perjanjian internasional adalah wujud implementasi dari kerjasama antara suatu negara dengan negara mitranya. Di samping itu, perjanjian internasional juga menandakan pentingnya posisi suatu negara dalam peraturan diplomasi di tingkat bilateral, regional dan multilateral.

Sejak kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Indonesia telah menandatangani 5920 perjanjian dan mengimplementasikan berbagai perjanjian dengan negara dan entitas asing. Berbagai perjanjian tersebut disimpan di rumah yang disebut Treaty Room yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri.

Kini di abad ke-21, kami di Kementerian Luar Negeri terus berupaya meningkatkan akses publik atas berbagai perjanjian di Treaty Room. Melalui pemutakhiran laman web Treaty Room ini, saya dan keluarga besar Kemlu RI berharap para sahabat dapat mengakses dan menemukan dengan mudah berbagai jenis perjanjian antara Indonesia dengan negara-negara mitra.

Terima Kasih dan Happy Browsing!

Retno L.P. Marsudi
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia

Tentang Treaty Room

Menurut catatan sejarah, Treaty Room pertama kali ditempatkan di jalan Sisingamangaraja No. 73 (sekarang gedung Caraka Loka). Pada tahun 1993 -2009, Treaty Room berada di Lantai 11 Gedung Utama, dan kemudian pada tanggal 15 Oktober 2009, menempati Gedung Garuda yang diresmikan oleh Bapak N. Hassan Wirajuda (Menteri Luar Negeri, RI).

Alih Media pertama kali dilakukan pada tahun 2003, pada tahun 2006 bekerjasama dengan ANRI, dibuatlah Website Treaty Room pertama kali dengan nama "Record Center Management (RCM)", kemudian dikembangkan pada tahun 2009 menjadi "naskahperjanjian.kemlu.go.id", dan dikembangkan lagi pada tahun 2013 dengan nama "treaty_internal.kemlu.go.id", dan pada tahun 2017 berubah lagi menjadi "treaty.kemlu.go.id".